JOHN DALTON

John Dalton

John Dalton FRS (/ˈdɔːltən/; 6 September 1766 - 27 Juli 1844) adalah seorang ahli kimia, ahli fisika, dan ahli meteorologi Inggris. Dia terkenal karena memperkenalkan teori atom ke dalam kimia, dan untuk penelitiannya tentang buta warna, kadang-kadang disebut sebagai Daltonisme untuk menghormatinya.

John Dalton
John Dalton by Charles Turner.jpg
Dalton oleh Charles Turner setelah James Lonsdale (1834, mezzotint)
Lahir6 September 1766
EaglesfieldCumberland, Inggris
Meninggal27 Juli 1844 (umur 77)
ManchesterLancashireInggris
KebangsaanInggris
Dikenal atasTeori atomHukum perbandingan berganda, Hukum Dalton dari Tekanan Parsial, Daltonisme
PenghargaanRoyal Medal (1826)
Karier ilmiah
Mahasiswa ternamaJames Prescott Joule
TerinspirasiJohn Gough
Singkatan penulis (botani)Jn.Dalton
Tanda tangan
John Dalton Signature c1827.svg

Kehidupan awalSunting

John Dalton dilahirkan dalam keluarga Quaker dari Eaglesfield, dekat Cockermouth, di Cumberland, Inggris.[1] Ayahnya adalah seorang penenun.[2] Dia menerima pendidikan awal dari ayahnya dan dari Quaker John Fletcher, yang mengelola sebuah sekolah swasta di desa Pardshaw Hall di dekatnya. Keluarga Dalton terlalu miskin untuk mendukungnya untuk waktu yang lama dan dia mulai mencari nafkah, sejak usia sepuluh tahun, dalam pelayanan Quaker lokal yang kaya, Elihu Robinson.[3]

Karier awalSunting

Ketika berusia 15 tahun, Dalton bergabung dengan kakak laki-lakinya Jonathan dalam menjalankan sekolah Quaker di KendalWestmorland, sekitar 45 mil (72 km) dari rumahnya. Sekitar usia 23 Dalton mungkin telah mempertimbangkan untuk belajar hukum atau kedokteran, tetapi kerabatnya tidak mendukungnya, mungkin karena menjadi seorang Dissenter, dia dilarang masuk universitas Inggris. Dia memperoleh banyak pengetahuan ilmiah dari instruksi informal oleh John Gough, seorang filsuf buta yang berbakat dalam sains dan seni. Pada usia 27 tahun ia ditunjuk sebagai guru matematika dan filsafat alam di "New College" di Manchester, sebuah akademi dissenting (pendahulu linear, mengikuti sejumlah perubahan lokasi, dari Harris Manchester College, Oxford). Dia tetap di sana sampai usia 34, ketika situasi keuangan perguruan tinggi yang memburuk membuatnya mengundurkan diri dari jabatannya dan memulai karier baru sebagai guru privat dalam matematika dan filsafat alam.

Pekerjaan ilmiahSunting

- Meteorologi
- Pengukuran gunung
- Kebutaan warna
- Berat Atom
- Teori gas
- Teori atom
- Penemuan lain
Dalton menerbitkan makalah tentang beragam topik seperti hujan dan embun serta sumber mata air (hidrosfer); pada panas, warna langit, uap dan refleksi dan pembiasan cahaya; dan pada subjek tata bahasa dari kata kerja bantu dan partisipatif dari bahasa Inggris.
- Pendekatan Eksperimental




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat-Sifat Periodik Unsur